Onthoni, Ribka Aprilia Darmayanthi (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING INDIVIDU PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA SMAN 2 KUTA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011008-COVER.pdf Download (286kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011008-ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011008-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan yaitu Panduan Konseling Individu Pendekatan Behavior Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Acceptance Siswa SMA. Buku panduan ini dirancang untuk dapat dijadikan pedoman bagi guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk membantu mengentaskan permasalahan khusunya penerimaan diri (self acceptance) siswa yang rendah. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu sebagai berikut : “(1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMAN 2 Kuta. Untuk menguji keefektifitasan buku panduan ini, peneliti melibatkan 5 orang siswa sebagai subjek. Dari 22 butir instrumen yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan konseling memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat sesuai.” Penilaian indeks validitas isi (content Validity Indekx) terhadap buku panduan konseling sangat penting untuk mengetahui layak untuk digunakan. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Panduan Konseling Individu Pendekatan Behavior Teknik Modeling Efektif Untuk Meningkatkan Self Acceptance Siswa SMAN 2 Kuta dengan thitung 7,968 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES= 1,593 yang termasuk kategori ES tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan Konseling Indiviu, Pendekatan Behavior, Teknik Modeling, Self Acceptance, Penerimaan Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Ribka Aprilia Darmayanthi Onthoni |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 02:49 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13932 |
Actions (login required)
View Item |