Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada

Damayanti, Ni Kadek Lisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011065-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011065-ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011065-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 216 siswa kelas VII non unggulan SMP Negeri 1 Sukasada pada tahun ajaran 2019/2020. Adapun sampel yang digunakan pada kelas eksperimen adalah sebanyak 94 dan kelas kontrol sebanyak 92. Data hasil tes diuji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas dengan uji F, dan hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji-t satu ekor kanan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelompok eksperimen adalah sebesar 14,87 sedangkan kelompok kontrol sebesar 12,75 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 2,87 dan t tabel = 1,65 , yang berarti ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Search, Solve Create and Share (SSCS), berpikir kreatif, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Lisa Damayanti
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:22
Last Modified: 29 Jul 2020 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item