PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI PRAKTIK PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW

Yanottama, Made Wira (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI PRAKTIK PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051065-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051065-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051065-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya sumber belajar, inovasi serta keterbaharuan pada konten pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran akan dapat memengaruhi motivasi dan minat belajar peserta didik. Hal tersebut perlu adanya pengembangan konten pembelajaran interaktif khususnya pada mata kuliah teori praktik pembelajaran sepak takraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline di dalamnya tedapat animasi 3 dimensi serta mengetahui respons pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata kuliah teori praktik pembelajaran sepak takraw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implentation, dan evaluation. Hasil kevalidan yang diperoleh dari penelitian berdasarkan dari uji ahli isi serta uji ahli media dan desain memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas diperoleh sebesar 0,72 dengan menggunakan perhitungan N-Gain yang dapat dikategorikan efektif. Hasil uji respons peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,1 yang dapat dikategorikan sangat valid dan juga hasil respons pendidik memperoleh skor nilai rata-rata sebesar 48 yang termasuk ke dalam kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten pembelajaran interaktif, animasi 3 dimensi, sepak takraw.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: MADE WIRA YANOTTAMA
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:30
Last Modified: 23 Feb 2022 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item