Ilham, Mutawakil (2022) KARAKTERISTIK TINGKAT STRESS DAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1818011007-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1818011007-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1818011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1818011007-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1818011007-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1818011007-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
1818011007-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6 KESIMPULAN)
1818011007-BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1818011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1818011007-LAMPIRAN.pdf Download (203kB) |
Abstract
Game Online merupakan salah satu bentuk teknologi yang berfungsi untuk memuaskan sifat manusia yang tidak pernah merasa bahwa dirinya cukup, sehingga memilih untuk bermain game agar hasrat yang dimiliki oleh seseorang tersebut terpenuhi sekaligus berfungsi sebagai hiburan saat waktu senggang bagi beberapa orang. Game Online juga dapat memberi dampak bagi manusia baik dampak negatif maupun dampak positif yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, Sedangkan stress merupakan respon alamiah seseorang yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dari seorang individu. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan karakteristik tingkat stress dan kebiasaan bermain game online pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undiksha. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitan deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang akan dilakukan pada mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Undiksha dengan jumah 49 orang. Kecenderungan bermain game akan diukur menggunakan The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire, sedangkan untuk tingkat stress akan diukur menggunakan Perceived Stress Scale-10 (PSS-10). Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 68% responden memiliki kebiasaan bermain game online tidak kecanduan, dan 28% pada kebiasaan bermain game online kecanduan ringan, serta 4% pada kebiasaan bermain game online kecanduan berat. Prevalensi tingkat stress 84% berada pada tingkat stress sedang, 12% pada tingkat stress ringan, dan sisanya 4% pada tingkat stress berat. Dari penelitian didapatkan hasil yaitu Mahasiswa Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran Undiksha yang memiliki kebiasaan bermain Game Online ringan dan berat tidak ada yang memiliki stress berat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Stress, Kedokteran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1) |
Depositing User: | A. Mutawakil Ilham |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 06:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 06:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10144 |
Actions (login required)
View Item |