PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KEDIRI

Widiani, Nukita Putri (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KEDIRI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1613011012-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011012-ABSTRAK.pdf

Download (440kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 212 siswa dan tersebar ke dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang terdiri dari 71 siswa. Data kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk tes essay. Dari data post-test diperoleh rata-rata lebih tinggi dari dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif adalah 83,71, dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 76,67. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.      Kata kunci : model pembelajaran generatif, kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : model pembelajaran generatif, kemampuan komunikasi matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: Nukita Putri Widiani
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:02
Last Modified: 21 Feb 2022 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item