Febiyanto, Agustinus I Made Heri (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI QUICK COUNT MATH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1713011088-COVER.pdf Download (523kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011088-ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011088-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011088-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011088-LAMPIRAN.pdf Download (695kB) |
Abstract
Ketertarikan siswa menggunakan gadget yang tinggi terutama pada masa pandemic covid 19 menurunkan minat siswa dalam belajar. Untuk menarik kembali minat siswa dalam belajar, maka dibuatlah sebuah media pembelajaran game edukasi yang diharapkan mampu memberikan dampak positif dari penggunaan gadget siswa. Penelitian pengembangan ini juga dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran pada jenjang sekolah menengah pertama. Game edukasi yang dikembangkan adalah “Quick Count Math”. Quick Count Math berperan sebagai media pembelajaran pada materi operasi bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP. Game edukasi yang dikembangkan berisikan materi, contoh soal dan embahasan, latihan soal, dan quis. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas VII di SMPN 5 Melaya untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan efektifitas. Data validitas, kepraktisan dan efektifitas secara berturut-turut diperoleh melalui angket ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi, angket respon siswa dan respon guru, dan hasil tes siswa setelah menggunakan game edukasi yang dikembangkan. Hasil rata-rata uji coba validitas, kepraktisan dan efektifitas media yang diperoleh secara berturut-turut adalah 2,725 dengan kriteria valid, 4,50 dengan kriteria layak serta memenuhi kriteria efektif karena ketuntasan klasikal siswa mencapai 90% dan lebih dari ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi Quick Count Math” layak dan dapat diterima untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi operasi bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, game edukasi, operasi bilangan bulat |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | AGUSTINUS I MADE HERI FEBIYANTO |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 03:45 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10239 |
Actions (login required)
View Item |