Evaluasi User Experience pada Aplikasi E-Rapor Menggunakan Cognitive Walkthrough (CW), Heuristic Evaluation (HE) Dan User Experience Questionnaire (UEQ)

Dewi, Putu Wiwin Sintya (2020) Evaluasi User Experience pada Aplikasi E-Rapor Menggunakan Cognitive Walkthrough (CW), Heuristic Evaluation (HE) Dan User Experience Questionnaire (UEQ). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729101034-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729101034-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729101034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729101034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729101034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729101034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729101034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729101034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729101034-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

E-Report dikembangkan berdasarkan web untuk memudahkan dalam menyiapkan laporan penilaian siswa dalam bentuk laporan peringkat, laporan pencapaian kompetensi, dan buku besar. Bahkan banyak sekolah menengah/kejuruan di Bali belum menerapkan aplikasi E-Report. Penerapan teknik cognitive walkthrough, heuristic evaluation, dan user experience questionnaire dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pengalaman pengguna dari aspek efektivitas, efisiensi, kepuasan pengguna, dan rekomendasi untuk perbaikan. Efektivitas dan efisiensi dihitung dengan teknik cognitive walkthrough, kepuasan pengguna dengan teknik user experience questionnaire dan rekomendasi perbaikan diperoleh dari para ahli yang membahas aspek kegunaan dengan teknik Heuris dan data Cognitive Walkthrough. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari segi pengguna e-report belum efektif dan efisien, dalam hal kepuasan pengguna responden puas dengan Aplikasi E-Report. Ini karena efektivitas tugas yang memiliki kesalahan dan kegagalan yang sangat besar di salah satu fitur serta kejelasan hasil bahwa kepuasan pengguna yang buruk dapat mempengaruhi waktu pemrosesan. Oleh karena itu, evaluasi user experience berdasarkan aspek usability dalam E-Report belum memenuhi kriteria untuk produk dengan kegunaan yang baik. Perbaiakan dilakukan pada halaman awal, halaman nilai, halaman hasil nilai dengan membuat wirefrme. Dengan adanya penggalian masalah diantara ketiga sumber tersebut dapat lebih mengoptimalkan daya kebergunaan serta meningkatkan pengalaman pengguna pada Aplikasi E-Rapor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi E-Rapor, User Experience, Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation, User Experience Questionnaire (UEQ)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Putu Wiwin Sintya Dewi
Date Deposited: 17 Feb 2020 13:15
Last Modified: 17 Feb 2020 13:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item