PENGEMBANGAN GAME RPG 2D LEGENDA DESA TRUNYAN

Sujaya, Made Agus Panji (2022) PENGEMBANGAN GAME RPG 2D LEGENDA DESA TRUNYAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051113-COVER.pdf

Download (315kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051113-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051113-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051113-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051113-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051113-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051113-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051113-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051113-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cerita rakyat Legenda Desa Trunyan kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali, ini terjadi karena masyarakat Bali hanya mengenal cerita rakyat yang terkenal saja. Jika dibiarkan maka cerita rakyat Legenda Desa Trunyan akan dilupakan dan meruntuhkan semua potensi ada padanya. Gim Trunyan dikembangkan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan cerita rakyat Legenda Desa Trunyan menggunakan media gim yang melibatkan interaksi pemain di dalamnya dan mengenali respon masyarakat terhadap hasil pengembangan dari gim Trunyan. Game RPG 2D Legenda Desa Trunyan dikembangkan dengan metode Penelitian dan Pengembangan, dengan model Game Development Life Cycle yang terdiri atas Initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Gim ini diharapkan dapat memperkenalkan cerita rakyat Legenda Desa Trunyan kepada masyarakat luas sehingga kelestariannya tetap terjaga. Terdapat 4 kali pengujian, yakni pengujian blackbox, pengujian ahli isi, pengujian ahli media, dan pengujian respon pengguna. Hasil pengujian blackbox menunjukkan semua mechanics yang dirumuskan berfungsi dengan baik, diikuti oleh pengujian ahli isi yang menunjukkan gim Trunyan memiliki tingkat validasi sangat tinggi dengan koefisien validitas sebesar 1.00, kemudian diuji oleh ahli media dengan hasil tingkat validasi sangat tinggi dengan koefisien validitas sebesar 1.00, yang terakhir pengujian respon pengguna dengan persentase 93% yang termasuk dalam kategori "Sangat Baik"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cerita Rakyat, Legenda Desa Trunyan, Gim
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Made Agus Panji Sujaya
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:32
Last Modified: 23 Feb 2022 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10331

Actions (login required)

View Item View Item