Dewi, Ni Kadek Ayu Sita Christina (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEFARMASIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051079-COVER.pdf Download (828kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051079-ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051079-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051079-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051079-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian, untuk mengetahui respon guru dan peserta didik, serta untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di kelas X Jurusan Farmasi SMK Negeri 4 Negara dengan 31 orang siswa dan seorang guru pengampu mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penelitian berupa angket. Hasil dari penelitian ini untuk uji validasi konten pembelajaran interaktif berasal dari hasil perhitungan uji ahli isi materi, uji ahli desain dan media pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 yang menunjukan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Untuk hasil rata-rata uji respon guru dan peserta didik mendapatkan nilai masing-masing sebesar 47 untuk guru dan 64,58 untuk peserta didik yang berada pada kualifikasi sangat positif dengan kriteria sangat praktis. Kemudian untuk hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,92 yang menunjukan tingkat efektivitas berada pada kriteria tinggi dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Dasar-Dasar Kefarmasian, Discovery learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK AYU SITA CHRISTINA DEWI |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 10:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 10:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10343 |
Actions (login required)
View Item |