PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEFARMASIAN

Dewi, Ni Kadek Ayu Sita Christina (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEFARMASIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051079-COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051079-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051079-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian, untuk mengetahui respon guru dan peserta didik, serta untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di kelas X Jurusan Farmasi SMK Negeri 4 Negara dengan 31 orang siswa dan seorang guru pengampu mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penelitian berupa angket. Hasil dari penelitian ini untuk uji validasi konten pembelajaran interaktif berasal dari hasil perhitungan uji ahli isi materi, uji ahli desain dan media pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 yang menunjukan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Untuk hasil rata-rata uji respon guru dan peserta didik mendapatkan nilai masing-masing sebesar 47 untuk guru dan 64,58 untuk peserta didik yang berada pada kualifikasi sangat positif dengan kriteria sangat praktis. Kemudian untuk hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,92 yang menunjukan tingkat efektivitas berada pada kriteria tinggi dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Dasar-Dasar Kefarmasian, Discovery learning
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: NI KADEK AYU SITA CHRISTINA DEWI
Date Deposited: 22 Feb 2022 10:15
Last Modified: 22 Feb 2022 10:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item