PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

Wisesa, Putu Angga (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051021-COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051021-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051021-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti, untuk mengetahui respon guru dan peserta didik, serta untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten pembelajaran bebasis discovery learning pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja dengan 36 orang siswa dan seorang guru pengampu mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah berupa angket. Hasil uji validasi konten pembelajaran interaktif bersumber dari hasil uji ahli isi materi serta uji ahli desain dan media pembelajaran dengan memperoleh hasil rata-rata sebesar 1,00 yang menunjukan kriteria tingkat validitas sangat tinggi . Untuk hasil uji respon guru rata-rata mendapatkan nilai sebesar 47 dan hasil respon uji peserta didik rata-rata nilai 66 yang merupakan kualifikasi sangat positif dengan kriteria sangat praktis. Pada hasil uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,79 yang menunjukkan tingkat efektivitas berada pada kriteria tinggi dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran interaktif, Discovery Learning, Agama Hindu dan budi Pekerti
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Angga Wisesa
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:41
Last Modified: 23 Feb 2022 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item