The Deconstruction of Gender Stereotypes in Indonesian EFL Textbook “Think Globally Act Locally” for The Ninth Grade Of Junior High School

Blangsinga, Gede Wisma Krisna Ari Aditya (2022) The Deconstruction of Gender Stereotypes in Indonesian EFL Textbook “Think Globally Act Locally” for The Ninth Grade Of Junior High School. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081026-ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081026-LAMPIRAN.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi 1) Stereotip gender yang direpresentasikan dalam buku EFL di Indonesia; 2) Dekonstruksi konsep gender yang termuat dalam buku teks Bahasa Indonesia EFL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Subyek penelitian ini adalah buku teks EFL kelas IX SMP yang berjudul “Think Globally Act Locally”. Objek penelitian ini adalah stereotip gender dan dekonstruksi yang terdapat dalam buku teks. Dengan menggunakan teori representasi Hall (2013), teori bahasa dan gender Lakoff (1975), perspektif gender Millet (2000) dan metode dekonstruktif Derrida (1973), penelitian ini mengkaji konsep gender yang disajikan dalam buku teks. Studi ini menemukan bahwa buku teks tersebut telah mempertahankan stereotip gender, dan memuat upaya-upaya dekonstruksi. Stereotip dalam aspek bahasa diidentifikasi dalam beberapa kategori seperti dominasi laki-laki dan perempuan dalam percakapan; representasi karakter laki-laki dan perempuan melalui penetapan ruang; representasi karakter laki-laki dan perempuan melalui pekerjaan yang ditugaskan; Representasi oposisi biner melalui karakterisasi stereotip; Representasi karakter laki-laki dan perempuan melalui pilihan topik; dan defisit bahasa wanita. Pada aspek visual, representasi stereotip gender diidentifikasi melalui panjang rambut, warna kulit, rambut wajah, pakaian, dan aktivitas yang digambarkan dalam ilustrasi. Namun, buku teks ini juga menggambarkan dekonstruksi dalam bahasa dan gambar visual. Dekonstruksi dalam aspek kebahasaan dapat dilihat melalui dekonstruksi yang dihadirkan dalam defisit bahasa perempuan dan juga dekonstruksi dalam oposisi biner. Dekonstruksi pada aspek visual dalam buku teks dapat ditemukan pada frekuensi kemunculan laki-laki dan perempuan dalam buku teks dan dekonstruksi aktivitas pria dan wanita yang dapat dilihat pada ilustrasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi perbaikan buku teks EFL selanjutnya di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan buku teks EFL selanjutnya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Gede Wisma Krisna Ari Aditya Blangsinga
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:14
Last Modified: 23 Feb 2022 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10402

Actions (login required)

View Item View Item