MULTIPLE RELATIONSHIPS AMONG READING HABITS, READING MOTIVATION AND READING COMPETENCY IN THE JUNIOR SECONDARY SCHOOL

Sani, I Gusti Ayu Sri Diah (2020) MULTIPLE RELATIONSHIPS AMONG READING HABITS, READING MOTIVATION AND READING COMPETENCY IN THE JUNIOR SECONDARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021228-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021228-ABSTRACT.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021228-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan umum yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menghubungkan kebiasaan membaca siswa, motivasi membaca dengan kompetensi membaca mereka di SMP di SMPN 1 Sidemen. Rancangan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Ada 55 siswa yang direkrut menggunakan cluster quota sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner kebiasaan membaca, kuesioner motivasi membaca, dan tes kompetensi membaca objektif. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua fase: secara deskriptif dan inferensial. Deskripsi terdiri dari ukuran kecenderungan sentral dan dispersi. Sedangkan secara inferensial, data dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Berganda. Temuan penelitian mengungkapkan dua temuan utama. Pertama, kebiasaan membaca siswa dikategorikan sedang di SMPN 1 Sidemen. Mereka kurang dalam menjadikan membaca sebagai identitas diri atau sebagai bagian dari budaya mereka sehari-hari. Kedua, motivasi membaca siswa juga dianggap sedang. Mereka tidak memiliki rasa ingin tahu dalam kegiatan membaca, karena mereka pikir membaca tidak memberi mereka kesenangan yang dialami. Selain itu, membaca tidak memberi mereka tantangan nyata untuk mendapatkan kepuasan dalam menguraikan teks bahasa Inggris. Ketiga, kebiasaan membaca dan motivasi membaca ditemukan berhubungan signifikan dengan korelasi kuat dengan kompetensi membaca siswa di SMP di Kecamatan Sidemen, Karangasem. Temuan penelitian ini menyiratkan kepada siswa, guru, serta sekolah untuk memelihara otomatisitas membaca, frekuensi membaca, dan identitas diri melalui kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan membaca, Motivasi membaca, Kompetensi membaca, Kolerasi berganda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Sri Diah Sani
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:02
Last Modified: 21 Feb 2020 06:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item