Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheet Muatan Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Saniari, Luh Vera (2022) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheet Muatan Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031033-COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031033-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031033-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun atau prototype, menghasilkan produk E-LKPD interaktif berbantuan liveworksheet muatan matematika materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar yang teruji validitasnya, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu partisipan uji coba produk yang terdiri dari 2 orang dosen ahli media pembelajaran, 2 orang dosen ahli materi, 2 orang praktisi serta 12 orang siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian berupa instrumen rating scale skala lima yang diberikan kepada subjek uji coba. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui validitas E-LKPD yang dikembangkan, sehingga memperoleh hasil sebagai berikut. Validitas dari ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik, validitas dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan validitas dari praktisi memperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Sementara hasil uji respon siswa memperoleh persentase 88% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD interaktif berbantuan liveworksheet muatan matematika materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD interaktif, liveworksheet, bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Vera Saniari
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:35
Last Modified: 16 Jun 2022 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item