Ningrum, Kholifatul Aprilia (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH PLAYER DALAM IPS MUATAN MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DAN SUKU BANGSA KELAS IV SD NEGERI 19 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031103-COVER.pdf Download (913kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031103-ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031103-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun dari produk multimedia interaktif flash player pada muatan pembelajaran IPS. (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan multimedia interaktif flash player pada muatan pembelajaran IPS menurut para ahli dan uji coba produk, yang meliputi uji ahli isi muatan pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, coba perseorangan dan uji kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuatitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun multimedia interaktif flash player pada muatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi: (a) Tahap analisis (Analysis), (b) Tahap perancangan (Design), (c) Tahap pengembangan (Development), (d) Tahap implementasi (Implementataion), dan (e) Tahap evaluasi (Evaluation). (2) Multimedia interaktif flash player pada muatan pembelajaran IPS dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi muatan pembelajaran menunjukkan multimedia interaktif flash player sangat baik dengan persentase (97,50%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia interaktif flash player sangat baik dengan persentase (92,31%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan multimedia interaktif flash player sangat baik dengan persentase (92,64%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan multimedia interaktif flash player sangat baik dengan persentase (94,20%), (e) hasil uji kelompok kecil menunjukkan multimedia interaktif flash player sangat baik dengan persentase (96,6%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif flash player layak untuk digunakan siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif Flash Player, IPS, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kholifatul Aprilia Ningrum |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:51 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10734 |
Actions (login required)
View Item |