Apriliyani, Ni Kadek (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MUATAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SDN 1 POH BERGONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031047-COVER.pdf Download (674kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031047-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031047-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perangkat pembelajaran yang dianggap masih cenderung kurang dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring sehingga peserta didik kesulitan mengerti materi serta menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirasa penting untuk mengembangkan perangkat pembelajaran E-LKPD interaktif berbasis problem solving sebagai sarana dalam pembelajaran guna memudahkan peserta didik serta guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA terutama pada materi sumber energi. Studi ini bertujuan untuk perangkat pembelajaran E-LKPD Interaktif berbasis problem solving materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar yang valid. Pengembangan E-LKPD Interaktif ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), serta evaluasi (evaluation). Namun studi ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek uji coba berupa E-LKPD interaktif berbasis problem solving pada muatan IPA materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar. Objek dalam penelitian ini yaitu validitas E-LKPD interaktif muatan IPA materi sumber energi kelas IV Sekolah Dasar. Pengumpulan data mempergunakan metode kuesioner dengan instrumen rating scale skala 4. Analisis data mempergunakan rumus persentase. Dari analisis yang telah dilaksanakan diperoleh persentase dari uji ahli materi, uji ahli media, respons praktisi dan respons siswa secara berturut-turut sebesar 93%, 94,3%, 97,3%, 96,4% dengan predikat sangat baik. Disimpulkan, E-LKPD Interaktif ini layak dan valid dipergunakan pada kegiatan pembelajaran untuk siswa kelas IV SDN 1 Poh Bergong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD Interaktif, Problem solving, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Apriliyani |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 05:43 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10771 |
Actions (login required)
View Item |