Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri

Paramita, Ida Ayu Dewi (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011081-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011081-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODEDOLOGI PENELITIAN)
1513011081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011081-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengembangkan video pembelajaran pada pokok bahasan transformasi geometri serta untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan video yang dikembangkan. Produk yang dikembangkan diperuntukkan kepada guru dan siswa dalam situasi pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Video pembelajaran ini dipergunakan untuk membelajarkan siswa pada jenjang SMA kelas 11. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) dalam mengembangkan video pembelajaran. Produk yang dikembangkan diberikan kepada siswa melalui whatsapp dalam bentuk link google drive yang setiap video pengembangan memiliki format isi yaitu penjelasan mengenai penerapan transformasi dalam kehidupan sehari-hari, penjelasan mengenai penemuan rumus transformasi dengan pendekatan kartesius, pembahasan soal-soal transformasi dan terdapat beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan bahan latihan oleh siswa. Video pembelajaran yang dikembangkan akan diuji tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan. Tingkat validitas dari produk pengembangan yang dinilai dari segi materi dan media memperoleh rata-rata skor sebesar 4,75 yang dapat dikategorikan sangat valid dan berdasarkan hal tersebut dapat dilakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seririt dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk pengembangan. Berdasarkan uji coba terbatas tersebut diperoleh rata-rata skor untuk respon guru sebesar 4,27 dan rata-rata skor untuk respon siswa sebesar 3,896 sehingga dapat digolongkan sebagai produk dengan tingkat kepraktisan tinggi, sedangkan untuk tingkat keefektifan diperoleh hasil bahwa ketuntasan klasikal siswa sebesar 83,3%. Video pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini hanya dikembangkan sampai tahap develop yaitu sampai dengan uji coba terbatas sehingga perlu dilakukan uji coba lebih luas serta perlu dilaksanakan tahapan terakhir dalam pengembangan produk yaitu disseminate yang melibatkan lebih dari dari satu sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, transformasi geometri, model pengembangan 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: IDA AYU DEWI PARAMITA
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:30
Last Modified: 11 Jul 2022 08:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10999

Actions (login required)

View Item View Item