Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas IV SD

Wulandari, Ni Kadek Dwi Arya (2022) Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011059-COVER.pdf

Download (651kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011059-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011059-LAMPIRAN.pdf

Download (886kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh game edukasi sebagai media pembelajaran materi pengukuran sudut bangun datar dalam satuan baku yang efektif dan berguna bagi guru maupun siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Proses pengembangan game edukasi ini menerapkan 3 dari 4 langkah model yaitu tahap define, design, dan develop. Alur cerita game edukasi dirancang sederhana untuk memberi pengenalan dan cara menyelesaikan permasalahan materi tersebut. Penelitian ini menghasilkan produk bernama Angle Math yang memiliki karakteristik kombinasi audio, gambar dan animasi dengan latar belakang edukasi. Peneliti melakukan uji coba terbatas kepada 10 siswa kelas IV SDN 7 Peguyangan untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kegunaan (System Usability Scale) dari game edukasi yang dikembangkan. Hasil uji coba diperoleh rata-rata skor keefektifan sebesar 89 (sangat baik) dan kegunaan sebesar 90 (sempurna). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Angle Math baik digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, media pembelajaran, pengukuran sudut bangun datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI KADEK DWI ARYA WULANDARI
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:08
Last Modified: 25 Jul 2022 07:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item