PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN RUANG MUATAN MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR TAHUN 2021/2022

Dewi, Parimita (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BANGUN RUANG MUATAN MATEMATIKA KELAS VI SEKOLAH DASAR TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031289-COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031289-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031289-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031289-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengembangkan rancang bangun e-book berbasis problem based learning materi bangun ruang muatan matematika kelas VI sekolah dasar, (2) untuk mengetahui kelayakan e-book berbasis problem based learning materi bangun ruang muatan matematika kelas VI sekolah dasar, dan (3) untuk mengetahui efektivitas e-book berbasis problem based learning materi bangun ruang muatan matematika kelas VI sekolah dasar terhadap motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket/kuisioner, dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) Rancang bangun berupa e-book berbasis problem based learning materi bangun ruang muatan matematika kelas VI sekolah dasar yang perancangannya melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) E-Book berbasis problem based learning ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 93,75 %, uji ahli media pembelajaran sebesar 92,31 %, uji ahli desain pembelajaran sebesar 98,21 %, uji coba perorangan oleh siswa sebesar 98,3 %, uji coba kelompok kecil sebesar 99,4 %, dan uji coba lapangan sebesar 97,5 % yang keseluruhan persentase skornya dengan kriteria sangat baik. (3) hasil analisis efektifitas e-book berbasis problem based learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VI Sekolah Dasar memproleh hasil 7,802, artinya produk signifikan terhadap motivasis siswa kelas VI Sekolah Dasar setelah belajar menggunakan e-book berbasis problem based learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Book, Problem Based Learning, Bangun Ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Made Parimita Dewi
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:30
Last Modified: 13 Jul 2022 04:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item