Puriasih, Kadek Nita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031075-COVER.pdf Download (829kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031075-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031075-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maksud dari penelitian ini ialah mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV SD. Riset ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, praktisi serta 5 siswa. Objek penelitian yakni validitas media komik digital pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV SD yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dalam bentuk lembar penilaian untuk 2 dosen selaku ahli media, 2 dosen selaku ahli materi, 2 guru selaku praktisi serta 5 siswa. Instrumen yang dipakai ialah lembar validitas. Data dianalisa mempergunakan formula Mean guna mendapatkan rerata skor validitas media. Hasil rerata validitas media komik digital berbasis Problem Based Learning dari ahli senilai 4,8 berpredikat sangat baik, dari ahli media senilai 4,8 berpredikat sangat baik, dari praktisi senilai 4,91 berpredikat sangat baik serta respons siswa senilai 4,93 berpredikat sangat baik. Disimpulkan bahwasanya media pembelajaran komik digital berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan pada topik daur hidup hewan ialah valid serta layak dipergunakan pada pembelajaran siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daur Hidup Hewan, Komik Digital, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Nita Puriasih |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 01:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11194 |
Actions (login required)
View Item |