Prayoga, Kadek Dedy Indrawan (2022) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BARISAN DAN DERET MENGGUNAKAN LANGKAH – LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011038-COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011038-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011038-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika, mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika, dan mendiskripsikan solusi yang dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi barisan dan deret aritmatika dan wawancara digunakan untuk menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Singaraja sebanyak 40 dari 193 siswa. Subjek penelitian dibagi menajdi tiga kelompok berdasarkan nilai rata – rata siswa dan standar deviasi. Pada penelitian ini, analisis kesalahan didasarkan pada langkah – langkah Polya yang meliputi kesalahan memahami, kesalahan menyusun rencana penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian dan kesalahan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh bahwa siswa melakukan kesalahan karena tidak memahami soal dengan baik, kurang teliti dalam membaca soal, tidak bisa dalam menentukan strategi untuk memecahkan permasalahan dalam soal, kurang teliti dan tergesa – gesa saat proses perhitungan dan jarang menuliskan kesimpulan akhir. Kata kunci: analisis kesalahan, barisan dan deret, analisis berdasarkan langkah –langkah Polya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, barisan dan deret, analisis berdasarkan langkah –langkah Polya. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Kadek Dedy Indrawan Prayoga |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 07:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11306 |
Actions (login required)
View Item |