Yustisio, Kadek Panji (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 7 MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 PATEMON TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031284-COVER.pdf Download (402kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031284-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031284-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031284-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menentukan desain materi pembelajaran video berbasis problem based learning tema 7 muatan IPA kelas V sekolah dasar, (2) menentukan kelayakan video pendukung pembelajaran berbasis masalah pada materi IPA kelas 7 kelas 5 SD, (3) Untuk mengetahui keefektifan materi video pembelajaran konten IPA kelas V untuk sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitia adalah (1) rancang bangun proses media video pembelajaran berbasis problem based learning pada tema 7 materi IPA kelas V sekolah dasar yang perancangannya melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Media video pembelajaran berbasis problem based learning ini dinyatakan layak dilihat berdasarkan hasil uji isi pembelajaran sebesar 98,68%, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 89,70%, uji coba perorangan oleh siswa sebesar, 92,5%, uji coba kelompok kecil sebesar 84,3%, dan uji coba lapangan sebesar 94,35% yang keseluruhan presentase skornya dengan kriteria sangat baik. (3) berdasarkan hasil uji-T Tes berkorelasi didapatkan hasil bahwa besar signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan besar signifikansi lebih kecil dari 0,005 (p<0,005), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis problem based learning pada tema 7 muatan IPA efektif diterapkan pada siswa kelas V SDNegeri 5 Patemon tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, problem based learning, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Panji Yustisio |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11330 |
Actions (login required)
View Item |