PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF SUB POKOK SPESIAL SERVICE TOOLS (SST) BERBASIS AUGMENTED REALITY

Yana, I Gede Diva Sumarta (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DASAR-DASAR OTOMOTIF SUB POKOK SPESIAL SERVICE TOOLS (SST) BERBASIS AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815071004-COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815071004-ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (762kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (689kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815071004-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di kelas Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Singaraja ditemukan kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yaitu 90% dari 30 siswa menyatakan bahwa tidak memiliki modul atau buku pegangan lain untuk belajar sub materi Special Service Tools (SST). 73,3% menyatakan bahwa kesulitan memahami materi melalui bahan ajar dan metode yang diterapkan guru, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami cara penggunaan jenis-jenis Special Service Tools (SST) sesuai fungsinya. 90% siswa menyatakan sangat senang dan menarik apabila kegiatan pembelajaran sub materi Special Service Tools (SST) disajikan dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dengan media audio, visual, audio visual. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa modul berbsis Augmented Reality yang dapat diakses secara individu dengan prangkat smartphone untuk menampilkan objek 3 dimensi dari jenis Special Service Tools (SST) serta cara penggunaanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Dasar-Dasar Otomotif Sub Pokok Special Service Tools (SST) Berbasis Augmented Reality dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dengan presentase 93% dan ahli media dengan presentase 87,89%. Sedangkan untuk tingkat kepraktisanya dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji kelompok kecil dengan presentase 88,55% dan uji kelompok besar dengan presentase 90,83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Special Service Tools (SST), Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Gede Diva Sumarta Yana
Date Deposited: 15 Jul 2022 12:24
Last Modified: 15 Jul 2022 12:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11351

Actions (login required)

View Item View Item