ANALISIS TEGANGAN STATIK RANCANGAN FRAME KENDARAAN E-GADIS ( ELEKTRIC GANESHA DISABILITIES) DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Diantara, I Putu Eka Merta (2022) ANALISIS TEGANGAN STATIK RANCANGAN FRAME KENDARAAN E-GADIS ( ELEKTRIC GANESHA DISABILITIES) DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815071008-COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815071008-ABSTRAK.pdf

Download (580kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (651kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815071008-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan analisis tegangan statik pada rancangan frame Kendaraan E-Gadis (Electric Ganesha Disabilities) dengan berbahan material baja Galvanized Stell dengan menggunakan sebuah software Solidworks 2018 dengan tanpa pembebanan pengendara dan dengan pembebanan pengendara pada frame E-Gadis Standar, E-Gadis Modifikasi 1, Dan E-Gadis Modifikasi 2. Yang bertujuan untuk dapat mengetahui perbandingan didtribusi tegangan statik daerah kristis yang terjadi pada desain sehingga dapat di tentukan disain yang terbaik dari tingkat Faktor kemanan/ factor of safety disain E-Gadis Standar, Modifikasi1, dan Modifikasi 2. Setelah peroses analisis dilakukan didapatkan, Tegangan statik minimum tanpa beban pengendara frame E-Gadis Standar sebesar 2,790 x 10¹ N/m², 80,42% lebih besar dibandingkan frame E-Gadis Modifkasi 1 sebesar 5.464 x 10 N/m², dan lebih besar 44,09% dari frame modifikasi 2 sebesar 1,560 x 10 N/m². Sedangkan tegangan statik minimum dengan beban pengendara pada frame Standar sebesar 2,332 x 10¹ N/m², 35,93% lebih kecil dibandingkan frame E-Gadis Modifkasi 1 sebesar 3,170 x 10¹ N/m², dan lebih besar 52,44% dari frame modifikasi 2 sebesar 1,190 x 10¹ N/m².Tegangan statik maksimum tanpa beban pengendara frame E-Gadis Standar sebesar 5,688 x 10⁵ N/m², 1,25% lebih besar dibandingkan frame E-Gadis Modifkasi 1 sebesar 6,517 x 10⁵, dan lebih besar 61,16% dari frame modifikasi 2 sebesar 2,209 x 10⁵ N/m². Sedangkan tegangan statik maksimum dengan beban pengendara pada frame Standar sebesar sebesar 1,579 x 10⁶ N/m², 4,94% lebih kecil dibandingkan frame E-Gadis Modifkasi 1 sebesar 1,657 x 10⁶ N/m², dan lebih besar 59,18% dari frame modifikasi 2 sebesar 6,946 x 10⁵ N/m².

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Gadis, Analisis Tegangan Statik, Solidworks 2018, Factor Of Safety
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Putu Eka Merta Diantara
Date Deposited: 15 Jul 2022 12:22
Last Modified: 15 Jul 2022 12:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

View Item View Item