PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DAN PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Perdana, Gede Rian (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DAN PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1811031315-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031315-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031315-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031315-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031315-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031315-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031315-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031315-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031315-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media augmented reality dan mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan metakognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu augmented reality sedangkan objeknya prototype, validitas, tingkat kepraktisan, dan efektivitas. Subjek uji efektivitas penelitian yaitu siswa sedangkan objeknya kemampuan metakognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk uji efektivitas, angket untuk uji validitas dan tingkat kepraktisan media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil persentase dari ahli materi sebesar 95,5%, ahli media sebesar 90% seluruhnya dikualifikasikan sangat baik. Tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 100% dan tingkat kepraktisan siswa sebesar 100% seluruhnya dikualifikasikan sangat praktis atau tidak perlu di revisi. Sedangkan uji efektivitas media augmented reality mendapatkan rata-rata nilai kemampuan metakognitif sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 54 sedangkan rata-rata nilai 90 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan metakognitif yang signifikan siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA materi ekosistem dan pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah belajar menggunakan media augmented reality.Berdasarkan hasil validitas, responss pengguna dan efektivitas media augmented reality sudah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media1, Augmented Reality2, Kemampuan Metakognitif3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Rian Perdana
Date Deposited: 17 Jul 2022 07:42
Last Modified: 17 Jul 2022 07:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11412

Actions (login required)

View Item View Item