PERANCANGAN TAMPILAN APLIKASI PEMBELAJARAN PINANDITA DENGAN METODE FIVE PLANES, HEURISTIC EVALUATION, CONCURRENT THINK ALOUD, SERTA COGNITIVE WALKTHROUGH

Wira Putra Dananjaya, Made (2022) PERANCANGAN TAMPILAN APLIKASI PEMBELAJARAN PINANDITA DENGAN METODE FIVE PLANES, HEURISTIC EVALUATION, CONCURRENT THINK ALOUD, SERTA COGNITIVE WALKTHROUGH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029101003-COVER)
2029101003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2029101003-ABSTRAK)
2029101003-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (2029101003-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (2029101003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (2029101003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (2029101003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (2029101003-BAB 5 PENUTUP)
2029101003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (2029101003-DAFTAR PUSTAKA)
2029101003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (2029101003-LAMPIRAN)
2029101003-LAMPIRAN.pdf

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang dan membangun sebuah tampilan aplikasi pembelajaran dengan dikhususkan kepada masyarakat umum beragama Hindu yang ingin meningkatkan ilmu kepinanditaan. Tampilan aplikasi yang nantinya dihasilkan dibangun untuk mudah diterima dan mudah dipelajari oleh calon pengguna. Perancangan dan pembangunan tampilan aplikasi menggunakan metode five planes untuk lebih mengetahui kebutuhan dan keperluan pengguna, sehingga akan mudah dipelajari dan dipahami oleh pengguna itu sendiri. Variabel penelitian yang digunakan dalam menentukan kemudahan penggunaan aplikasi adalah efektifitas dan efesiensi penggunaan tampilan aplikasi serta kepuasan pengguna dengan tampilan aplikasi yang digunakan. Teknik pengambil sampel yang gunakan disini adalah purposive sampling, sehingga keseluruhan sampel yang digunakan berjumlah 30 orang. Sampel penelitian yang digunakan dibagi menjadi 2 bagian yaitu, orang yang tidak memiliki pendidikan teknologi infotmasi dan orang yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi infotmasi. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan kuesioner untuk tahapan pengujian. Masing-masing metode yang digunakan merupakan mewakilkan variabel penelitian. Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah cognitive walkthrough mewakili variabel efektifitas, heuristic evaluation mewakili variabel efesiensi, dan concurrent think aloud mewakili variabel kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan perancangan dan pembangunan aplikasi menghasilkan 29 halaman tampilan aplikasi dan kemudian pada tahap perbaikan tampilan yang dilakukan setelah evaluasi tahap 1 dilakukan menghasilkan 34 halaman tampilan aplikasi. Tahapan pengujian yang dilakukan 2 kali menunjukan hasil yang meningkat, dimana pada pengujian pertama mendapatkan hasil untuk efektifitas 78.78%, efesiensi mendapatkan nilai 76.31% dan kepuasan pengguna 73.6%. pengujian kedua mendapatkan nilai untuk efektifitas 93.17%, efesiensi 91.13% dan untuk kepuasan pengguna mendapatkan 88.93%. Berdasarkan hasil pengujian yang didapatkan terjadinya kenaikan nilai kemudahaan penggunaan atau usability pada tampilan aplikasi yang dibangun dan mendapatkan nilai akhir untuk keseluruhan variabel tahap 2 sebesar 91.09%, dapat disimpulkan bahwa tampilan aplikasi yang dibangun telah memenuhi kebutuhan pengguna aplikasi serta mudah untuk digunakan dan dipelajari oleh calon pengguna aplikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tampilan, Pembelajaran, Kemudahan Penggunaan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Md Wira Putra Dananjaya
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:55
Last Modified: 18 Jul 2022 08:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item