PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, BIAYA ADMINISTRASI DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI MASA PANDEMI COVID-19

Adelia, Komang Trisna (2022) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS, BIAYA ADMINISTRASI DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1817051194-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817051194-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1817051194-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1817051194-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1817051194-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817051194-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1817051194-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817051194-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817051194-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bandwagon effect, biaya administrasi, dan fitur layanan terhadap minat bertransaksi menggunakan mobile banking di masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner menggunakan bantuan google form, kemudian diukur dengan skala likert. Penelitian dilakukan pada mahasiswa angkatan 2018 fakultas ekonomi Undiksha sebagai kelompok generasi milenial dengan sampel sebanyak 87 responden yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan biaya administrasi dan fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan mobile banking di masa pandemic covid-19. Sedangkan variabel bandwagon effect tidak berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan mobile banking di masa pandemic covid-19. Jadi, dapat disimpulkan bahwa turunan teori Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kebermanfaatan yang dijelaskan melalui variabel biaya administrasi, dimana responden merasa bahwa biaya administrasi yang dibebankan sesuai dengan jasa yang diberikan bank kepada nasabah. Kemudian, persepsi kemudahan dijelaskan dengan variabel fitur layanan mampu menggambarkan pengaruh terhadap minat generasi milenial di kalangan mahasiswa fakultas ekonomi Undiksha. Mahasiswa sebagai nasabah merasakan adanya kemudahan dan keberagaman fitur layanan yang disediakan mobile banking. Sedangkan bandwagon effect berhubungan dengan turunan variabel Theory Of Planned Behavior (TPB) yaitu subjective norm, namun penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa tidak memperhatikan keputusan mayoritas dalam memilih alternatif transaksi. Mereka menyesuaikan kebutuhan tanpa adanya faktor ikut-ikutan. Kata kunci : Bandwagon Effect, Biaya Administrasi, Fitur Layanan, Minat, Mobile Banking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1)
Depositing User: Komang Trisna Adelia
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:19
Last Modified: 19 Jul 2022 01:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item