Adi, Ni Luh Sintya Puspita (2022) Pengembangan LKS Elektronik Menggunakan Geogebra Berorientasi Learning by Doing Pada Materi Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011074-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011074-ABSTRAK.pdf Download (559kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011074-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) elektronik sangat diperlukan dalam pembelajaran siswa saat ini sehingga pengembangan LKS perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Elektronik yang berorientasi Learning by Doing menggunakan Geogebra untuk membelajarkan materi Pythagoras di SMP Negeri 2 Kuta. Pengembangan LKS Elektronik menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). LKS yang dikembangkan dengan situs web untuk mempermudah penyajian media geogebra yang bisa dioperasikan secara langsung oleh siswa. Uji kevalidan materi menggunakan angket Learning Object Review Instrument (LORI) oleh ahli materi, uji kevalidan media menggunakan angket oleh ahli media, uji kepraktisan menggunakan angket respons siswa dan uji keefektifan menggunakan hasil belajar siswa. Uji coba terbatas melibatkan 15 siswa SMP kelas VIII. Skor uji kevalidan materi dan media diperoleh berturut-turut 4,82 dan 4,4 dengan kategori baik, skor angket respon siswa diperoleh 45,27 serta 80% siswa memperoleh nilai lebih dari ketuntasan minimal (75). Pengamatan langsung menunjukkan LKS elektronik direspon positif oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan LKS elektronik memenuhi kriteria sebagai bahan ajar yang baik untuk membelajarkan materi Pythagoras.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS elektronik, Geogebra, Learning by Doing, Pythagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI LUH SINTYA PUSPITA ADI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 22:18 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 22:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11604 |
Actions (login required)
View Item |