PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI TRI PRAMANA UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF

Sugiharni, Gusti Ayu Dessy (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI TRI PRAMANA UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1939011019-COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1939011019-ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1939011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1939011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1939011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1939011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1939011019-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul matematika berorientasi Tri Pramana untuk mengurangi beban kognitif. Siswa kelas XI SMK Pariwisata Budaya Bedulu sebagai subjek dalam penelitian ini. Model pengembangan dalam penelitian ini ialah design research. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi, kuesioner, dan tes. Analisis data dilakukan dalam tiga fase. Preliminary Research penyusunan draft awal e-modul dimulai. Prototyping Stage dilakukan uji validitas konstruk dan uji keefektifan e-modul. Assessment Phase uji keefektifan dan kepraktisan e-modul dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul matematika berorientasi Tri Pramana yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi standar validitas, praktikabilitas dan efektivitas untuk dikatakan layak digunakan. E-modul yang dikembangkan ini memiliki karakteristik untuk memberikan kesempatan siswa: (1) Mempelajari matematika dalam kegiatan praktek kejuruan; (2) Menggunakan e-modul tanpa suara dengan dukungan subtitle; (3) Melakukan pengecekan jawaban dengan dukungan Geogebra; (4) Melaksankan kegiatan praktik matematika; (5) Berdiskusi suatu pemecahan masalah terkait materi matematika yang dipelajari baik sebelum maupun setelah melaksanakan kegiatan praktik kejuruan. (6) Menciptakan kasus baru sekaligus pemecahan masalahnya terkait pembelajaran matematika yang mereka dapatkan dari kegiatan praktik kejuruan. Pengelolaan beban kognitif intrinsik pada tahap Sabda Pramana dilakukan dengan memunculkan: (1) Worked example effect dengan kegiatan referensi, siswa digiring untuk mempersiapkan pengetahuan awal mereka dalam mengikuti pembelajaran serta diberikan contoh kerja sebelum diharuskan untuk menjawab soal; (2) Expertise reversal effect dengan kegiatan afirmasi, verifikasi materi pembelajaran dilakukan dengan diskusi bersama guru dan antar siswa. Pada proses verifikasi inilah siswa digiring untuk tahu lebih banyak mengenai suatu kasus matematika dengan mempelajari contoh karya dan mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas problem-solving dengan lebih efektif; (3) Guidance fading effect dengan metode transisi dari yang awalnya guru dituntut untuk menyediakan banyak bimbingan kemudian beralih pada suatu proses problem-solving. Pengurangan Beban kognitif asing pada tahap Pratyaksa Pramana dilakukan dengan mengurangi: (1) Redundancy effect dengan mengarahkan siswa untuk mencerna satu jenis informasi saja sehingga tidak ada konsekuensi kelebihan beban pada memory kerja dan mereka dapat memahami dengan lebih baik; (2) Transient information effect dengan memanfaatkan gambar dan video pendukung informasi pada e-modul untuk menghindari kebingungan dan membantu imajinasi siswa dalam memahami materi; (3) Split-attention effect dan Modality effect dengan penyajian informasi dalam bentuk nyata oleh siswa pada kegiatan praktek kejuruan yang dijadikan bahan persentasi sehingga siswa tidak hanya menerima deskripsi dari kata-kata. Pemrosesan dalam meningkatkan beban kognitif erat dilakukan mulai dari tahap Sabda Pramana hingga Anumana Pramana dengan menggunakan lima prinsip (multimedia berupa e-modul matematika, personalization berupa kegiatan praktik, guided activity berupa kegiatan terarah, umpan balik, dan refleksi).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Matematika, Tri Pramana, Beban Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: GUSTI AYU DESSY SUGIHARNI
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:29
Last Modified: 20 Jul 2022 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item View Item