EVALUASI USABILITY PADA PERPUSTAKAAN DIGITAL (E-LIBRARY) UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Damayanti, Ni Komang Winda (2022) EVALUASI USABILITY PADA PERPUSTAKAAN DIGITAL (E-LIBRARY) UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091003-COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091003-ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091003-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Perpustakaan Digital (e-library) INLIS Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu sistem informasi perpustakaan berbasis website yang digunakan oleh civitas untuk melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan perpustakaan. Namun masih terdapat beberapa permasalahan seperti tidak adanya pedoman terkait penggunaan sistem informasi serta pengisian data informasi yang terlalu kompleks dan dirasa pengguna tidak efektif. Dari permasalahan tersebut dilakukan evaluasi tingkat usability pada Perpustakaan Digital (e-library) INLIS Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan dua metode yaitu Cognitive Walkthrough (CW) dan System Usability Scale (SUS). Pengambilan data diperoleh dari hasil perekam layar, kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek learnability nilai yang diperoleh sebesar 95,1% yang masuk kedalam kategori sangat mudah dipelajari, aspek effectiveness dengan nilai 0.83 yang artinya kesalahan berada di tingkat yang tidak wajar, aspek efficiency dengan nilai 0.039724126 goals/second, serta aspek satisfaction dengan nilai 65% yang masuk kedalam kategori marginal dan tingkat kelayakan pengguna masuk kedalam kategori good pada adjective ranting. Hasil evaluasi memperoleh 3 rekomendasi utama yaitu perbaikan pada menu pendaftaran keanggotaan, perbaikan fitur pada menu keanggotaan online, dan penambahan pedoman pada halaman awal sistem informasi. Rekomendasi yang diberikan kemudian dievaluasi kembali dengan perolehan nilai pada aspek learnability sebesar 98,7% yang masuk dalam kategori sangat mudah dipelajari, aspek effectiveness dengan nilai 0.25 yang artinya kesalahan berada di tingkat wajar, aspek efficiency dengan nilai 0.30708242 goals/second, serta aspek satisfaction dengan nilai 78,5% yang artinya rekomendasi yang diberikan masuk dalam kategori acceptable dan excellent pada adjective ranting. Perolehan nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada hasil pengujian kedua di setiap aspek usability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Usability, Cognitive Walkthrough, System Usability Scale
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Komang Winda Damayanti
Date Deposited: 20 Jul 2022 14:14
Last Modified: 20 Jul 2022 14:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11871

Actions (login required)

View Item View Item