GAME PEMBELAJARAN WAYANG KULIT BALI DENGAN TEKNIK PUZZLE

Najah, Ghina Nur Hanifah (2022) GAME PEMBELAJARAN WAYANG KULIT BALI DENGAN TEKNIK PUZZLE. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1905021004-COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1905021004-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1905021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1905021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1905021004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1905021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1905021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1905021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1905021004-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berupa game pembelajaran wayang kulit Bali dengan teknik puzzle. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan articulate storyline 3 ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pengenalan wayang kulit Bali dengan menggunakan teknik puzzle. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi metode MDLC (multimedia development life cycle). Penelitian ini dilakukan melalui 6 tahapan utama, yaitu yang (1) Concept (Konsep) tujuannya untuk menentukan tujuan dari program serta mengetahui target pengguna, (2) Design (Rancangan) atau rancangan merupakan tahapan membuat spesifikasi tentang tampilan dan mencari kebutuhan material yang akan dibutuhkan selama pembuatan program. (3) material collecting (Pengumpulan bahan) tahap ini merupakan pengumpulan bahan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan. (4) assembly (Pembuatan) dilakukan dengan tahapan pembuatan semua objek atau bahan multimedia. (5) testing (Pengujian) tahapan ini merupakan tahapan setelah pembuatan selesai. (6) distribution (distribusi) tahap ini merupakan tahapan aplikasi yang akan disimpan ke dalam suatu media penyimpanan dengan cara mengkompresi file terhadap aplikasi. Metode pengumpulan data untuk mencari informasi mengenai sistem yang akan dibuat adalah metode observasi dengan cara meninjau secara cermat dan langsung di lokasi penelitian untuk mengetahui kondisi yang terjadi atau membuktikan kebenaran dari sebuah desain penelitian yang sedang dilakukan. Berdasarkan hasil media pembelajaran pengembangan sistem dari metode tersebut media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pengenalan wayang kulit Bali dengan teknik puzzle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode MDLC, Puzzle, Wayang Kulit Bali
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: Najah Ghina Nur Hanifah
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:40
Last Modified: 21 Jul 2022 07:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item