EVALUASI DAN REKOMENDASI PERBAIKAN PROSES BISNIS PADA DIVISI HELPDESK DAN DOKUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY EVALUATION FRAMEWORK (QEF) DAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS: UPT. TIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)

Yuniar, Fachradina (2022) EVALUASI DAN REKOMENDASI PERBAIKAN PROSES BISNIS PADA DIVISI HELPDESK DAN DOKUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY EVALUATION FRAMEWORK (QEF) DAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS: UPT. TIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091005-ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (619kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) salah satunya yaitu UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Divisi Helpdesk dan Dokumentasi merupakan salah satu divisi UPT. TIK yang berkaitan erat dalam menangani keluhan, saran, dan masukan terkait pemanfaatan SI/TI di Undiksha. Divisi Helpdesk dan Dokumentasi dalam menerapkan proses bisnisnya sudah berjalan cukup baik. Namun, terdapat beberapa permasalahan yaitu beberapa proses yang dilakukan Divisi Helpdesk dan Dokumentasi belum tertuang dalam SOP, beberapa SOP pada Divisi Helpdesk dan Dokumentasi masih belum sesuai dengan pengerjaannya di lapangan, dan belum pernah dilakukan evaluasi terhadap proses bisnisnya. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Adapun langkah mengevaluasi proses bisnis yaitu mengidentifikasi dan memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), selanjutnya mengevaluasi proses bisnis menggunakan metode Quality Evaluation Factor (QEF). Dari hasil QEF terdapat 7 quality factor yang tidak sesuai antara target yang telah ditentukan oleh pemangku kepentingan dengan hasil yang dicapai saat ini. Kemudian 7 quality factor yang tidak sesuai tersebut dicari akar permasalahannya menggunakan 5 Whys Analysis. Selanjutnya dilakukan rekomendasi perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI) melalui teknik streamlining yang meliputi Upgrading, Standarization, Automation, Value Added, dan Bureacracy Eliminati. Hasil simulasi process time analysis pada proses bisnis permintaan layanan SI/TI mengalami persentase penurunan waktu sebesar 57,10% dan pada proses bisnis pengaduan insiden SI/TI mengalami persentase penurunan waktu sebesar 42,98%. Selain itu, hasil simulasi process resource analysis pada proses bisnis permintaan layanan SI/TI dan proses bisnis pengaduan insiden SI/TI mengalami persentase penurunan penggunaan sumber daya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: proses bisnis, business process model and notation (bpmn), quality evaluation factor (qef), 5 whys analysis, business process improvement (bpi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Fachradina Yuniar
Date Deposited: 20 Jul 2022 14:06
Last Modified: 20 Jul 2022 14:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item