STORY OF MATH: PENGEMBANGAN SERIOUS GAME BERORIENTASI LEARNING BY DOING PADA PEMBELAJARAN KONVERSI SATUAN WAKTU UNTUK SISWA KELAS 3 SD

Sahriana, Putu Rika (2020) STORY OF MATH: PENGEMBANGAN SERIOUS GAME BERORIENTASI LEARNING BY DOING PADA PEMBELAJARAN KONVERSI SATUAN WAKTU UNTUK SISWA KELAS 3 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011004-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011004-ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011004-LAMPIRAN.pdf

Download (44MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa Serious Game serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan dari media yang kami kembangkan. “Story of Math” merupakan judul dari Serious Game yang kami kembangkan. Story of Math berperan sebagai media pembelajaran pada materi konversi satuan waktu untuk siswa kelas III SD. Prosedur pengembangan serious game ini menerapkan sebagian langkah-langkah dari 4D model yaitu tahap define, design, dan development. Serious Game yang kami kembangkan terdiri atas tiga level dan tingkat kesulitannya berbeda-beda. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa kelas III di SD Negeri 3 Kesiman untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan dari serious game yang kami kembangkan. Hasil uji coba validitas, kepraktisan dan keefektifan media yang kami peroleh secara berturut-turut yaitu memperoleh skor 2,8 dengan kriteria valid, memperoleh skor 4,55 dengan kriteria layak serta memenuhi kriteria efektif karena ketuntasan klasikal siswa mencapai 86,7% dan lebih dari ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Ketika bermain menggunakan Serious Game yang dikembangkan siswa terlihat tertarik dan antusias yang terlihat dari raut wajag mereka. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Serious Game:Story of Math memenuhi kriteri sebagai media pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: serious game, konversi satuan waktu, 4D model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Rika Sahriana
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:37
Last Modified: 26 Feb 2020 03:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item