Implementing Problem-based Learning using Scribblenauts Unlimited for Teaching English at SMK Negeri 1 Sawan

Kusuma, Desak Anugrah Dwi (2022) Implementing Problem-based Learning using Scribblenauts Unlimited for Teaching English at SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021065-COVER.pdf

Download (66MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021065-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1812021065-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021065-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan PBL dengan model tujuh langkah Maastricht menggunakan video game Scribblenauts Unlimited terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pendapat seorang guru bahasa Inggris tentang penerapan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi QUAN → quan dengan desain pra-eksperimental, focus group, dan survei. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas 11 dan seorang guru bahasa Inggris kelas XI AKL 2 tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest-posttest berisi 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian serta angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa skor rata-rata setelah diajarkan dengan menggunakan video game Scribblenauts Unlimited (Me= 64,67) lebih tinggi daripada sebelum diajarkan dengan menggunakan game ini (Me = 51,92) dengan ukuran efek Cohen's d yang besar ( 1,35 >0,80). Para siswa merasa senang untuk belajar bahasa Inggris. Pendapat guru bahasa Inggris positif dan sangat mendukung penerapan PBL menggunakan video game Scribblenauts Unlimited inipada kelas bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Sawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning. tujuh langkah Maastricht. Scribblenauts Unlimited. prestasi belajar Bahasa Inggris. pendapat guru bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Desak Anugrah Dwi Kusuma
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:02
Last Modified: 21 Jul 2022 05:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item