SUKENDRA, I KOMANG (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA SMA BERBASIS STEM BERORIENTASI SOAL HOTS. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1839011005-COVER.pdf Download (639kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1839011005-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1839011005-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1839011005-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1839011005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1839011005-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1839011005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran berbasis STEM lebih mengutamakan pada pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan hasil belajar. Namun untuk memaksimalkan hasil belajar siswa perlu adanya pengembangan e-modul berbasis STEM berorientasi soal HOTS. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul matematika SMA berbasis STEM berorientasi soal HOTS yang memenuhi persyaratan validitas, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp. Implementasi dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Denpasar. Kevalidan materi e-modul dinilai oleh tiga orang ahli materi dan ahli media menggunakan lembar evaluasi dan diuji dengan tabulasi silang Gregory. Hasil evaluasi yang diperoleh menunjukkan e-modul memenuhi syarat validitas. Aspek kepraktisan dievaluasi dengan memberikan angket kepada siswa dan guru. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteri baik, baik dari segi siswa dan guru. Skor rata-rata kepraktisan oleh siswa sebesar 0,899 berada pada kriteria sangat baik, dan skor rata-rata nilai kepraktisan oleh guru sebesar 0,894 berada pada kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul dievaluasi dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa dan dianalisis berdasarkan nilai ketuntasan klasikal. Nilai ketuntasan klasikal diperoleh 94,73% dan didukung oleh data kualitatif yaitu secara keseluruhan siswa mampu mengerjakan soal dengan baik sehingga e-modul yang diimplementasikan dikatagorikan efektif serta didukung hasil wawancara dengan siswa dan guru matematika secara umum mengatakan bahwa e-modul matematika sangat baik diterapkan secara lokal. Karakteristik dari produk e-modul yang dikembangkan yaitu: (1) Gambar, contoh soal dan materi sesuai dengan masalah siswa yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari; (2) Evaluasi dan cek kemampuan dapat dikerjakan siswa untuk belajar mandiri baik dalam jaringan maupun luar jaringan; (3) Kunci jawaban tes formatif berupa lisan dan video. E-modul matematika dapat menuntun siswa untuk belajar secara mandiri yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika SMA berbasis STEM berorientasi soal HOTS pada materi fungsi yang dikembangkan sudah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: e-modul, STEM, soal HOTS
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, STEM, soal HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Komang Sukendra |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12199 |
Actions (login required)
View Item |