IMPROVING SPEAKING COMPETENCY ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 2 KUBUTAMBAHAN THROUGH FLASHCARD IN ACADEMIC YEAR 2021/2022

Dewi, Ni Ketut Ayu Sandya (2022) IMPROVING SPEAKING COMPETENCY ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 2 KUBUTAMBAHAN THROUGH FLASHCARD IN ACADEMIC YEAR 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021148-COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021148-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021148-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021148-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021148-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021148-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021148 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021148-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021148-LAMPIRAN.pdf

Download (931kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan flashcards dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa atau tidak dan untuk mengetahui respon dari guru maupun siswa terhadap penerapan flashcards dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan di SMP N 2 Kubutambahan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model dari Kemmis & McTaggart. Ada dua siklus dalam model ini yang masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan F yang dipilih melalui observasi. Kemudian, dalam pengumpulan data, terdapat tiga metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini, daftar periksa observasi, pedoman wawancara, dan pre-test dan post-test digunakan sebagai instrumen. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis melalui beberapa prosedur yaitu mengumpulkan data, mengkodekan data, membandingkan data, membangun interpretasi, dan melaporkan hasil. Sedangkan, data kuantitatif dianalisis dengan membandingkan nilai rata – rata siswa untuk pre-test dan post-test. Kemudian, hasil penelitian ini ditunjukkan setelah melaksanakan tindakan dalam lima pertemuan. Pada hasil pre-test, nilai rata – rata siswa pada aspek berbicara adalah kosa kata (2.35), pengucapan (2.38), tata bahasa (2.32), dan kefasihan (2.62). Sedangkan, pada hasil post-test 1, nilai rata – rata siswa pada aspek berbicara adalah kosa kata (2.82), pengucapan (2.79), tata bahasa (2.76), dan kefasihan (3.09). Kemudian, hasil pada post-test 2, nilai rata – rata siswa pada aspek berbicara adalah kosa kata (3.53), pengucapan (3.5), tata bahasa (3.41), dan kefasihan (4.03). Untuk itu, dapat dilihat bahwa ada peningkatan dalam kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Speaking Competency, Flashcards, Classroom Action Research
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Ketut Ayu Sandya Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 22:36
Last Modified: 21 Jul 2022 22:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item