Lestari, Ni Putu Diana Eka (2022) Developing Scoring Rubrics as Authentic Assessment Instruments for Assessing Seventh Grade of Junior High School Students in Buleleng Regency. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021015-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021015-ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (598kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1812021015-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021015-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian sebagai instrumen penilaian autentik untuk menilai siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Buleleng berdasarkan sintaks metode pengajaran autentik dan inovatif meliputi Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Discovery- Based Learning, dan Task-Based Learning. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model D&D yang dikembangkan oleh Richey dan Klein (2007) yang memiliki empat tahapan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP di Kabupaten Buleleng. Beberapa metode digunakan untuk mengumpulkan data seperti wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumen. Pengembangan rubrik penilaian sebagai instrumen penilaian autentik ini disesuaikan dengan silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 yang digunakan oleh guru. Rubrik penilaian yang dikembangkan terdiri dari beberapa informasi rinci seperti topik dan sub-topik pembelajaran, kompetensi dasar, metode pengajaran, jenis penilaian, pedoman guru, kegiatan pembelajaran, dan rubrik penilaian itu sendiri. Setelah dievaluasi oleh para ahli, ditemukan bahwa rubrik penilaian ini dikategorikan sebagai produk unggulan. Rubrik penilaian sebagai instrumen penilaian autentik siap digunakan oleh para guru untuk membantu mereka melakukan penilaian autentik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian autentik, instrumen penilaian, rubrik penilaian, metode pengajaran inovatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Diana Eka Lestari |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:03 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12436 |
Actions (login required)
View Item |