Widhyastuti, Luh Putu Wiwien (2022) Customer Profiling berdasarkan Model RFM dengan Metode K-Means pada Institusi Pendidikan untuk Menunjang Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029101017-COVER.pdf Download (449kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029101017-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (394kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029101017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029101017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029101017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Idealnya sebuah perguruan tinggi harus bisa beradaptasi untuk tetap membuat bisnisnya bertahan dan berkelanjutan dalam situasi apapun, seperti pandemi saat ini yang berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan seperti perguruan tinggi X di Denpasar, Bali. Berdasarkan data pada bagian pemasaran di perguruan tinggi X, terdapat penurunan jumlah penerimaan mahasiswa baru jika dibandingkan saat kondisi normal dengan saat pandemi berlangsung serta belum teridentifikasinya profil kelompok pelanggan potensial di perguruan tinggi tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan identifikasi karakteristik pelanggan potensial / customer profiling pada perguruan tinggi X sehingga dapat diketahui kelompok pelanggan potensial pada perguruan tinggi X. Customer profiling dilakukan dengan Model RFM (Recency, Frequency, Monetary) dan metode data mining, yaitu K-Means terhadap data transaksi mahasiswa selama tahun 2019 - 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil karakteristik pelanggan yang ada pada perguruan tinggi X dan mendapatkan rekomendasi strategi pemasaran di masa mendatang berdasarkan hasil profiling tersebut. Berdasarkan hasil analisis didapatkan karakteristik dari empat (4) kelompok profil pelanggan pada Perguruan Tinggi X, yaitu “Sangat Potensial”, “Potensial”, “Netral” dan “Tidak Potensial”. Kelompok “Sangat Potensial” dan “Potensial” terlihat memiliki kebiasaan pembayaran yang paling tinggi kombinasi skor RFM-nya dan bisa dijadikan prioritas target pemasaran. Sedangkan kelompok “Netral” dan “Tidak Potensial” memiliki kombinasi RFM yang lebih rendah, namun tetap bisa menjadi target pemasaran yang non prioritas. Kemudian didapatkan juga rekomendasi strategi pemasaran yaitu strategi retensi untuk kelompok “Sangat Potensial” dan “Potensial”, strategi Up Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral”, strategi Cross Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral” serta strategi promosi untuk seluruh kelompok pelanggan di Perguruan Tinggi X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | customer profiling, strategi pemasaran, model RFM, metode K-Means |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Wiwien Widhyastuti |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 08:36 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 08:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12836 |
Actions (login required)
View Item |