Perbandingan Metode K-Means dan K-Medoids dalam Klasterisasi SMA/MA di Provinsi Bali berdasarkan Nilai Ujian Nasional

Ardiansyah, Dede (2022) Perbandingan Metode K-Means dan K-Medoids dalam Klasterisasi SMA/MA di Provinsi Bali berdasarkan Nilai Ujian Nasional. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813101026-COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813101026-ABSRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813101026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813101026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813101026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASILDAN PEMBAHASAN)
1813101026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813101026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813101026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813101026-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ujian Nasional (UN) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Berasarkan hasil UN, pemerintah bisa mengetahui kemajuan belajar peserta didik di seluruh Indonesia. Penelitian ini mengelompokkan SMA/MA di Bali manjadi klaster C1 (pencapaian nilai UN kurang), C2 (pencapaian nilai UN cukup), C3 (pencapaian nilai UN baik), dan C4 (pencapaian nilai UN sangat baik) berdasarkan nilai UN tahun 2019. Metode yang diterapkan adalah metode K-Means merupakan metode klasterisasi yang mengelompokkan data berdasarkan titik pusat klaster (centroid) terdekat dengan data dan K-Medoids merupakan salah satu metode partisi, karena menggunakan objek yang paling terpusat (medoids) di klaster serta menjadi pusat klaster dari nilai rata-rata objek dalam sebuah klaster, sementara pengujian validitas hasil klaster menggunakan Silhouette Coefficient untuk mengukur seberapa baik letak objek dalam klaster. Jenis penelitian ini adalah penelitian penambangan data yang bertujuan untuk membandingkan hasil klasterisasi SMA/MA di Provinsi Bali berdasarkan nilai ujian nasional dengan metode K-Means dan K-Medoids. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode K-Means menunjukan bahwa sebanyak 56 sekolah masuk kedalam klaster C1, sebanyak 172 sekolah masuk kedalam klaster C2, sebanyak 82 sekolah masuk kedalam klaster C3, dan sebanyak 62 sekolah masuk kedalam klaster C4. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode K-Medoids sebanyak 57 sekolah masuk kedalam klaster C1, sebanyak 134 sekolah masuk kedalam klaster C2, sebanyak 150 sekolah masuk kedalam klaster C3, dan sebanyak 33 sekolah masuk kedalam klaster c4. Berdasarkan nilai Silhouette Coefficient menunjukkan metode yang lebih baik untuk klasterisasi SMA/MA di Provinsi Bali berdasarkan nilai ujian nasional adalah metode K-Medoids.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: klasterisasi, k-means, k-medoids, silhouette coefficient
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: Dede Ardiansyah
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:31
Last Modified: 10 Oct 2022 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12932

Actions (login required)

View Item View Item