PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA

Riani, Shinta (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011003-COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011003-ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011003-BAB 4 HASILDAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengoptimalkan proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM, (b) mendapatkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM yang berkualitas valid, praktis, dan efektif (c) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran dengan pendekatan STEM. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKS, dan instrumen tes hasil belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah proses pembelajaran berpendekatan STEM yaitu setting the stage, exploration, key concept, practice & application excercise dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan menunjukkan bahwa RPP, LKS, dan instrumen tes hasil belajar masuk dalam kategori sangat valid, praktis dan efektif. Karakteristik yang diperoleh yaitu : (1) RPP disusun secara sistematis, runut, runtut, memuat identitas, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi pembelajaran, indikator, dan tujuan pembelajaran. Langkah pembelajaran mengikuti sintaks pendekatan STEM. Penilaian memuat penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. RPP yang dikembangkan sudah merencanakan kegiatan interaksi yang melibatkan guru dengan siswa maupun siswa dengan teman-temannya. (2) LKS memuat identitas siswa, tujuan pembelajaran, petunjuk dan isi LKS. Masalah yang disajikan di awal LKS berkaitan dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sains kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Pada LKS terdapat kegiatan percobaan sehingga pembelajaran di kelas tidak monoton membahas teori saja. Alat dan bahan yang digunakan selama kegiatan percobaan mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dalam LKS mencerminkan pendekatan STEM dan komponennya dilengkapi dengan langkah-langkah kerja. (3) Instrumen tes hasil belajar memuat permasalahan kontekstual, disesuaikan dengan indikator, tujuan, dan materi barisan dan deret. Tes yang diberikan berbentuk uraian serta dilengkapi dengan kisi-kisi tes dan rubrik penskoran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Made Shinta Teja Riani
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:48
Last Modified: 10 Oct 2022 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item