PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Susmawathi, Riza (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, Universitas pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923011001 - COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923011001-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011001-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011001-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011001-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011001-BAB4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011001-BAB5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923011001-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik E-Modul dangan bantuan geogebra dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. E-Modul yang dikembangkan berupa E-Modul untuk siswa dan Petunjuk guru yang membantu pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plom yang terdiri dari 3 fase, yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Mengwi tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu tes dan angket. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu untuk mengukur E-Modul digunakan lembar validasi, mengukur kepraktisan E-Modul digunakan lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa serta untuk mengukur keefektifan E-Modul digunakan tes pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah berupa E-Modul berbantuan geogebra yang valid, praktis, dan efektif. Karakteristik yang diperoleh dari E-Modul siswa yaitu: (1) E-Modul dapat membuat siswa tidak bergantung dari pihak lain, (2) E-Modul membantu siswa dalam mengkonstruksi pemahaman konsep nya sendiri melalui latihan soal dan percobaan pada geogebra dan Video, (3) E-Modul siswa memuat permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa, (4) E-Modul memberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilaksanakan seperti penemuan rumus ataupun pengertian. Karakteristik yang di peroleh dari E-Modul Petunjuk guru yaitu membantu dalam proses pembelajaran dikelas karena berisi alternatif-alternatif tindakan, alternatif jawaban, alternatif penggunakan aplikasi tertaut pada E-Modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, motivasi matematika, pemahaman konsep matematika, petunjuk guru dan geogebra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Riza Susmawathi
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:06
Last Modified: 17 Oct 2022 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13068

Actions (login required)

View Item View Item