PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Mahardani, Made Laksmi (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1823071017-COVER)
1823071017-Cover.pdf

Download (495kB)
[img] Text (1823071017-ABSTRAK)
1823071017-Abstrak.pdf

Download (331kB)
[img] Text (1823071017-BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071017-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (232kB)
[img] Text (1823071017-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071017-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (1823071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071017-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (1823071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071017-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (1823071017-BAB 5 PENUTUP)
1823071017-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (1823071017-DAFTAR PUSTAKA)
1823071017-Daftar Pustaka.pdf

Download (442kB)
[img] Text (1823071017-LAMPIRAN)
1823071017-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains untuk siswa kelas VIII semester II. Pengembangan mengikuti panduan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Data uji validitas dikumpulkan melalui instrumen lembar validitas. Sebanyak 2 orang ahli di bidang isi dan penyajian, 1 orang ahli di bidang bahasa, dan 1 orang ahli di bidang kegrafikaan yang dilibatkan sebagai validator. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data kepraktisan berupa angket respon guru dan angket respon siswa. Uji kepraktisan melibatkan 2 orang guru IPA dan 32 orang siswa kelas VIII selaku responden angket. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji efektivitas produk adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Uji efektifitas dilakukan terhadap 32 orang siswa kelas VIII. Hasil analisis data menunjukkan buku ajar IPA berbasis KPS memiliki karakteristik yaitu menerapkan indikator keterampilan proses sains yang secara eksplisit disajikan sebagai subbab dalam setiap materi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata skor validitas buku ajar IPA berbasis KPS pada aspek isi dan penyajian sebesar 86,5% dengan kategori sangat valid, skor validitas aspek bahasa sebesar 88,5% dengan kategori sangat valid, aspek kegrafikaan memperoleh skor validitas sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis respons guru terhadap kepraktisan buku ajar IPA berbasis KPS menunjukkan rerata skor sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis. Respon siswa terhadap kepraktisan buku ajar menunjukkan rerata skor sebesar 82,3% berkategori sangat praktis. Skor N-Gain hasil analisis pretest dan posttest hasil belajar siswa sebesar 0,5 dengan kategori efektif. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan buku ajar IPA berbasis KPS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, IPA, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Made Laksmi Mahardani
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:41
Last Modified: 17 Oct 2022 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item