Asrini, Novi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011037-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011037-ABSTRAK.pdf Download (970kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011037-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi matematika yang sangat penting bagi siswa. Namun guru masih kesulitan mengemas materi tersebut, terlebih dengan keterbatasan media yang ada. Di sisi lain, kurangnya minat belajar siswa menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan karakteristik terdapat fitur interaktifitas dan berbasis kontekstual, 2) mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian sudah menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan karakteristik yaitu, terdapat serangkaian pertanyaan bercabang yang dapat memberikan feedback, memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara media dengan siswa atau sebaliknya (fitur interaktifitas) serta menyajikan permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari (berbasis kontekstual). Media sudah melalui proses evaluasi yang terdiri dari uji validitas isi, uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil evaluasi berdasarkan uji validitas isi memperoleh skor 1 yang berarti validitas sangat tinggi. Uji kelayakan memperoleh rata-rata skor 4,65 dengan kriteria sangat layak. Melalui uji coba yang dilakukan kepada 32 siswa, didapatkan hasil angket respon siswa dan guru dengan rata – rata skor 4,66 dengan kriteria kepraktisan sangat tinggi. Pada proses uji coba, didapatkan juga bahwa media pembelajaran interaktif memiliki keefektifan sangat baik dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, model 4-D, pendekatan kontekstual, kemampuan pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Novi Ayu Asrini |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 04:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 04:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13230 |
Actions (login required)
View Item |