POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN PANTAI NAMBUNG

Sudi, ani (2022) POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA AIR TERJUN PANTAI NAMBUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715011037-COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715011037-ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (603kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715011037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715011037-LAMPIRAN.pdf

Download (717kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini tentunya yaitu untuk mendiskripsikan potensi destinasi wisata Air Terjun Pantai Nambung dan strategi dalam mengembangkan objek wisata Air Terjun Pantai Nambung di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong-Lombok Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengambilan data untuk penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) potensi Air Terjun Pantai Nambung menurut analisis SWOT antara lain, Strength (Kekuatan) yaitu Pantai Nambung,Buwun Mas Hill, Mangrove Jerangkang-Kemanuk Buwun Mas, dan Pantai Pangsing, Weakness (Kelemahan) yaitu belum maksimalnya pengelolaan dalam meningkatkan mutu objek wisata, Opportunity (Peluang) yaitu dapat membuka lapangan usaha bagi masyarakat sekitar baik berupa jasa ataupun berwirausaha, Threat (Ancaman) yaitu kawasan objek wisata masih terdapat sampah dan pembegalan ataupun pencurian kendaraan. 2) Strategi dalam pengembangan objek wisata Air Terjun Pantai Nambung yaitu Strategi Pengelolaan meliputi: Planning (Perencanaan) yaitu membangun fasilitas seperti membangun lapak untuk pedagang, membangun bale bengong, membangun home stay, menambah fasilitas pendukung seperti tempat sampah dan WC, mempromosikan destinasi, meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan kwalitas SDM , Organizing (Pengorganisasian) yaitu Kepala Desa serta dibantu oleh masyarakat sekitar dalam hal penjagaan dan pengelolaan objek wisata, Actuating (Penggerakan) yaitu Kepala Desa memberikan hak penuh kepada masyarakat sekitar objek wisata dalam hal mengurus objek wisata tersebut, mulai dari menentukan tarif tiket masuk objek wisata serta jam oprasional objek wisata, Controlling (Pengawasan) yaitu dilakaukan oleh masyarakat sekitar mengenai penjagaan dan merawat objek wisata Air Terjun Pantai Nambung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Strategi Pengembangan, Objek Wisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: SUDIANI
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:31
Last Modified: 19 Oct 2022 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item