Primantari, Ni Made Sinditya (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE IPA SMP KELAS VIII BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN KONTEKS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071020-COVER.pdf Download (632kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071020-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071020-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan e-module IPA SMP Kelas VIII berbasis problem based learning bermuatan konteks socioscientific issues pada materi zat aditif dan adiktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dan dibatasi pada tahap develop karena keterbatasan waktu penelitian. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik produk, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan e-module IPA yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu, dua orang ahli pendidikan IPA, lima orang guru IPA SMP, dan 10 orang siswa kelas VIII SMPN 2 Blahbatuh. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik e-module IPA yaitu mengacu pada model problem based learning, masalah yang tersaji pada e-module merupakan socioscientific issues, dilengkapi dengan video pembelajaran, dan dilengkapi dengan kuis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-module sangat valid dengan KVG adalah 1,0. (2) e-module sangat praktis dari praktisi dengan skor rata-rata 4,6. (3) e-module sangat terbaca dengan skor rata-rata 4,4. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk e-module IPA SMP kelas VIII berbasis problem based learning bermuatan konteks socioscientific issues pada materi zat aditif dan adiktif dinyatakan valid, praktis, terbaca, dan dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Module, problem based learning, socioscientific issues |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sinditya Primantari |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13362 |
Actions (login required)
View Item |