PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM

Setiawan, Rohmat Agus (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813031026-COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031026-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1813031026-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031026-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia sudah sangat banyak contohnya adalah Merdeka belajar, kampus mengajar, dan lainnya. Adanya pandemi Covid-19 tidak menurunkan upaya pemerintah dalam pelaksanaan pendidikan dengan diberlakukannya pembelajaran daring. Akibatnya terdapat kenaikan penggunaan teknologi seperti smartphone, laptop, tablet, dan lainnya secara pesat di lingkungan sekolah. Namun, berbeda dengan jumlah pengguna teknologi yang meningkat, penerapan teknologi-teknologi ini justru belum maksimal dalam proses pembelajarannya. Sehingga proses transformasi ilmu dari guru ke siswa kurang lancar, terlebih pada materi-materi abstrak seperti pada mata pelajaran Kimia. Tingganya penggunaan teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam berfikir abstrak. Salah satu teknologi yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran materi abstrak seperti kimia adalah Augmented Reality (AR). Teknologi ini adalah teknologi hybrid yang dapat merealisasikan objek digital dalam dunia nyata. Kelebihan dari media AR adalah dapat memproyeksikan benda dalam bentuk 3 dimensinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan software biasanya yaitu model pengembangan waterfall. Aplikasi yang dikembangkan dibantu oleh aplikasi pengembang Unity 3D dan web service Vuforia Engine. Materi yang dijadikan sebagai isi adalah teori atom mekanika kuantum. Kedua media yang dihasilkan selanjutnya diuji kelayakannya mulai dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil kevalidan sebesar 3,765, data kepraktisan didapatkan nilai rata-rata sebesar 3,745. Jika dikonfersikan maka dapat dimasukkan ke dalam kategori sangat valid dan positif. Data lain adalah data keefektifan yang menghasilkan Sig. lebih kecil daripada 0,005, maka dapat dikatakan media memiliki tingkat keefektifan positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, augmented reality, waterfall
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Rohmat Agus Setiawan
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:24
Last Modified: 21 Oct 2022 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item