IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL MAMEONG - MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBUGARAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 GUWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Aryananda, I Putu Gede (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL MAMEONG - MEONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEBUGARAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 2 GUWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011066-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011066-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011066-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi kebugaran Jasmani, melalui implementasi permainan tradisional mameong-meongan jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SD N 2 Guwang yang Terdiri atas 28 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 20 orang dan siswa perempuan sebanyak 8 orang, Urutan penelitian ini terdiri dari empat alur yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi teknik pengumpulan data menggunakan RPP, Lembar observasi, dan dokumentasi serta analisis data mengunakan deskripsi presentase, hasil analisis data penelitian mengenai hasil belajar materi kebugaran jasmnai lari zig-zag, balance test, lari cepat 30 meter diambil, Pada Aspek pengetahuan siklus I nilai ketuntasanya adalah (85%) dan pada siklus II menjadi (89%) Pada aspek keterampilan siklus I nilai ketuntasannya adalah (60%) dan pada siklus II menjadi (93%). Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi permainan tradisional mameong-meongan berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar materi kebugaran jasmani lari zig-zag, balance test dan lari cepat 30 meter, dengan demikian guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan disarankan lebih melihat kemampuan dan keinginan peserta didik serta guru mampu menerapkan model-model pembelajaran yang lebih variatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional mameong-meongan, hasil belajar materi kebugaran jasmani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Putu Gede Aryananda
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:21
Last Modified: 21 Oct 2022 03:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item View Item