PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKRO DI SMK N 3 SINGARAJA

Budi, Kadek (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKRO DI SMK N 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815071003-COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815071003-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815071003-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
1815071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815071003-LAMPIRAN.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar sistem rem siswa kelas XI TKRO di SMK N 3 Singaraja metode penelitian ini mengunakan one-shoot case study. Pemilihan sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas XI TKRO 1 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan perlakuan berupa penerapan model pembelajaraan inquiry. Siswa diberikan tes berupa tes objektif yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas isi, validitas butir soal, tingkat kesukaran soal, daya beda soal dan realibilitas soal. Setelah didapatkan data kemudian dilakukan analisis menggunakan uji-t satu arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa sistem rem kelas XI TKRO1 di SMK N 3 Singaraja. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t yang dimana thitung mendapatkan nilai 16,375 dengan nilai signifikan 0,000. Jika nilai ttabel sebesar 2.045 dan apabila nilai thitung > nilai ttabel (16,375 > 2,045) maka dapat dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKRO 1 atau H1 diterima. Dengan hal tersebut dapat dijelaskan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa sistem rem kelas XI TKRO di SMK N 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry, Sistem Rem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Kadek Budi Santosa Darma Mapet
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:32
Last Modified: 21 Oct 2022 06:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13505

Actions (login required)

View Item View Item