DEVELOPING LEARNING MEDIA USING VN (VLOG NOW) FOR TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA

Melani, Ni Wayan Desi (2022) DEVELOPING LEARNING MEDIA USING VN (VLOG NOW) FOR TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021168-COVER.pdf

Download (442kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021168-ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021168-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021168-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021168-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021168-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021168-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis audiovisual untuk pengayaan kosakata menggunakan aplikasi editor video bernama VlogNow untuk mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi kerangka desain dan pengembangan (D&D) Richey dan Klein (2007). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yaitu pedoman wawancara, kuesioner, dan rubrik penilaian ahli. Subjek penelitian ini berjumlah 42 siswa SMA Negeri 1 Nusa Penida. Penilaian ahli diukur dengan menggunakan rumus Nurkancana & Sunartana (1992). Nilai yang diberikan oleh juri ahli pertama adalah 77 yang dikategorikan baik, juri ahli kedua 75 yang dikategorikan baik, dan juri ahli ketiga 72 yang dikategorikan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dikategorikan sebagai media yang baik dan dianggap relevan dengan delapan belas kriteria media pembelajaran video yang baik. Selain itu, berdasarkan penilaian ahli, media yang dikembangkan dianggap layak digunakan untuk memperkaya kosakata siswa SMA dalam sistem pembelajaran online di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Vlognow, Pengayaan Kosakata, Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Wayan Desi Melani
Date Deposited: 21 Oct 2022 14:24
Last Modified: 21 Oct 2022 14:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item