Juraidah, Juraidah (2022) Persepsi Masyarakat Desa Tumbu Dusun Ujung Pesisi Kecamatan Karangasem Terhadap Peran Pendidikan Formal dalam Peningkatan Status Sosial Masyarakat dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di SMA/MA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714091005-COVER.pdf Download (359kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714091005-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714091005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714091005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714091005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714091005- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714091005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714091005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714091005-LAMPIRAN.pdf Download (314kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran pendidikan formal dalam peningkatan status sosial masyarakat, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi presepsi masyarakat, serta (3) aspek-aspek fenomena pendidikan formal di desa Tumbu Dusun Ujung Pesisi, Karangasem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil temuan di lapangan adalah (1) Peran pendidikan formal dalam peningkatan status sosial pada masyarakat akan berdampak pada nilai, derajat, profesi dan harta yang dimiliki oleh masyarakat Desa Tumbu, Dusun Ujung Pesisi, Karangasem, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat dalam meningkatkan status sosial karena sebagian besar masyarakat di Desa bekerja sebagai nelayan dan penghasilan sebagai nelayan kadang lebih besar dari pekerjaan lainnya dan menjadi nelayan tidak membutuhkan pendidikan tinggi sehingga mempengaruhi masyarakat tentang persepsi pendidikan formal tidak terlalu penting dan (3) aspek yang berpotensi menjadi sumber belajar sosiologi di SMA/MA adalah pengetahuan dan pemahaman dimana penelitian ini dapat menjadi sebuah studi kasus yang dapat digunakan siswa dalam memahami perubahan sosial dan dampaknya bagi masyarakat sehingga nantinya mampu membandingkan dengan yang terjadi disekitarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pendidikan, Sosiologi, Status Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Juraidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13602 |
Actions (login required)
View Item |