PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIGITAL MATEMATIKA AWAL PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Cholik, Idam (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIGITAL MATEMATIKA AWAL PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811061038-COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061038-ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (623kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061038-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian matematika awal pada anak Taman Kanak-kanak, yang dilakukan di TK Tunas Harapan dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan model RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian adalah instrument digital matematika awal pada anak dan 15 siswa kelompok B TK Tunas Harapan. Instrumen digital matematika awal pada anak kelompok B ini telah diuji oleh dua orang ahli atau pakar untuk mengukur validitas dan diuji cobakan pada anak untuk mengetahui tingkat reliabilitas. Hasil analisis data berdasarkan uji ahli atau pakar, pernyataan yang valid sebanyak 10 butir yang dihitung menggunakan rumus Gregory. Hasil perhitungan validitas instrumen matematika awal pada anak sebesar 1 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan uji validitas butir yang dihasilkan adalah 10 butir pernyataan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas instrumen pada anak kelompok B sebanyak 15 siswa, yang dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 1,08 dengan kriteria reliabilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan, instrumen yang telah diuji berdasarkan tingkat validitas dan reliabilitasnya dapat digunakan sebagai alat penilaian yang akurat untuk mengukur tingkat kemampuan matematika awal pada anak kelompok B taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika awal, instrumen digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Idam Cholik
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:25
Last Modified: 12 Dec 2022 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item